Beranda Candi Candi Banyunibo, Wisata Sejarah di Sleman

Candi Banyunibo, Wisata Sejarah di Sleman

21
0
candi bayunibo
foto dari @jalan_sukajalan

Candi Banyunibo adalah candi yang bercorak agama Budha yang terletak tidak jauh dari Candi Ijo Candi Ratu Boko. Candi ini dibangun sekitar pada abad ke 9 zaman Kerajaan Mataran Kuno. Di bagian atas candi ini terdapat sebuah stupa yang menjadi ciri khas agama Budha.

Candi Banyunibo masih termasuk satu komplek dengan Candi Ijo, Candi Ratu Boko, dan Candi Barong,. Selain itu di sekitar Candi ini juga ada beberapa candi yang berserakan di dusun sekitarnya.

Candi ini pertama kali ditemukan dalam keadaan runtuh atau rusak dan mulai di dirikan kembali sekitar tahun 1940 an, Candi Banyunibo ini masih sangat jarang dikunjungi oleh para wisatawan.

Nama Banyunibo memiliki arti air jatuh dan menetes. Candi Bnayunibo ini adalah candi yang memiliki banyak hiasan atau ornamen. Hampir di setiap bagian candi ada berbagai hiasan dan relief., meskipun terdapat beberapa hiasan candi yang sama. Hiasan itu terdiri dari beberapa bidang.

candi banyunibo
foto dari @matuz_20

Bidang tersebut diisi  beberapa pahatan yang dihiasi dengan berbagai tumbuhan yang tumbuh di pot. Pada candi utama Candi Banyunibo tersebut menghadap ke barat dan letaknya  berada di antara ladang tebu dan persawahan.  Di sekitar candi ini terdapat 6 buah candi perwira atau candi pendamping.

Candi tersebut berbentuk stupa yang ada disebelah selatan dan di sebelah timur candi utama. Ada dua relief yang berada di Candi ini merujuk kepada keberadaan Dewi Hariti, yaitu merupakan dewi kesuburan di dalam agama Budha dan  Vaisravana adalah suami dari Dewi Hariti. Ada juga yang menganggap Dewi Hariti adalah dewi ibu dan dewi kekayaan.

Karena letak candi yang ada di dekat persawahan yang sangat sejuk anda bisa menikmati momen-momen yang menarik dan terdapat pemandangan alam yang sangat indah di sekitar candi tersebut. Di candi Baynibo Anda juga bisa menikmati sunsetnya matahari. Candi ini mempunyai sisi candi yang menarik dari pada candi-candi yang lainnya yang ada di Yogyakarta.

Dulu warga setempat sering memanggil candi ini dengan nama “Si Sebatang Kara Banyunibo”. Dipanggil dengan sebutan itu karena letak Candi Banyunibo ini terpisah dengan candi-candi lainnya. Jika anda melihat dari kejauhan candi ini terlihat sangat lengkap dan kokoh, tetapi jika anda sudah melihatnya dari jarak yang dekat candi ini terlihat sangat kecil dibandingkan dengan Candi Prambanan dan Candi Borobudur Borobudur.

Pada pintu masuk candi ini terdapat singa disebelah kiri dan kanannya,, singa tersebut melambangkan penjaga candi.

Lokasi Candi Banyunibo

Lokasi Candi Banyunibo cukup mudah untuk dilalui dan ditemukan karena lokasi Candi ini tidak terlalu jauh dari pusat 0 kilimeter kota Yogyakarta. Lokasi Candi ini juga ada di dekat Candi Ratu Boko. Lokasi tepatnya yaitu berada di Dusun Cepit, di Desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Cepit, Prambanan, , Bokoharjo Jogjakarta, Daerah Istimewa Jogjakarta.

Rute Menuju Candi Banyunibo

Rute untuk menuju ke wisata Candi Banyunibo ini sangatlah terjangkau dan mudah sekali ditemukan. Jika anda dari pusat kota Jogja ke arah timur melewati jalan panembahan senopati,

kemudian jalan terus menuju ke jalan raya jogja, lalu sampai di perempatan ke arah utara melewati jalan janti, kemudian jalan terus lalu belok ke kanan , lalu bertemu perempatan ke arah utara, sampai di pertigaan belok ke arah timur melewati jalan laksda adisucipto, kemudian lurus terus lalu belok ke arah kanan dan melewati jalan opak raya,

lalu sampai perempatan ke arah kiri menuju ke jalan opak VIII sampai di perempatan ke kanan lalu lurus terus, kemudian ke ke kiri jalan terus hingga sampai pertigaan ke arah timur melewati jalam ratu boko, lalu ikuti jalan yang ada maka anda akan sampai ke tempat wisata sejarah Candi Banyunibo.

Jarak dari pusat kota Jogja ke Candi ini tidak begitu jauh yaitu hanya sekitar 17,8 kilometer dan memakan waktu tempuh normal kendaraan sepeda motor dari Kota Jogja menuju ke Candi ini sekitar 45 menit.

Harga Tiket Masuk dan Parkir Candi Banyunibo

candi banyunibo
foto dari @vhentynoventina

Harga tiket retribusi masuk ke wisata Candi Banyunibo sangat murah, bagi kamu yang ingin berwisata sejarah silahkan kamu berkunjung ke wisata Candi tersebut. Anda hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp. 5000 per orang. Harga ini sudah termasuk harga untuk wisatawan asing juga.

Sedangkan untuk harga tiket parkir para wisatawan yang berkunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp. 2000 untuk kendaraan sepeda motor dan Rp. 5000 untuk kendaraan mobil.

Fasilitas Candicandi banyunibo

foto dari @gowes.hijaFasilitas yang ada di tempat wisata Candi Banyunibo ini sudah sanagat memadai. Fasilitas tersebut juga membuat para pengunjungnya merasa nyaman ketika berkunjung :

  • Terdapat toilet umum disana
  • Lalu ada papan informasi untuk para pengunjungnya
  • Tempat duduk untuk wisatawan beristirahat, dan
  • Terdapat area parkir yang luas